Sejarah Mesin Cetak Dunia

Posted by

Mesin Cetak diciptakan oleh Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg dan
disebut penemu mesin cetak (moveable printing press), berawal dari ide untuk memperbanyak surat pengampunan (indulgence) umat agama katolik agar dapat menghasilkan uang dan membayar hutang-hutangnya ketika Gutenberg bekerja sebagai tukang logam. 


Johannes Gensfleisch zur Laden Zum Gutenberg

surat pengampunan (indulgence) sebelumnya memiliki banyak kesalahan-kesalahan dan kekurangan terutama lambat dalam pengerjaan yang dilakukan secara manual oleh seorang ahli tulis (scribes). surat pengampunan (indulgence) dapat dibeli oleh seorang umat kristen untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain, penjualan surat pengampunan (indulgence)  digunakan untuk renovasi Basilika St. Petrus di Roma.
Luther pada tahun 1533 oleh Lucas Cranach yang Tua


Penjualan surat pengampunan ini dianggap martin luther sebagai penyelewengan dan menyesatkan umat manusia sehingga mengandalkan indulgence dari pada pertobatan sejati, kemudian martin luther mengeluarkan dalil-dalil yang dicetak secara luas, dan peristiwa sejarah ini sangat dipengaruhi oleh mesin cetak.

Movable Printing Press Gutenberg

Mesin cetak yang diciptakan Gutenberg ini memiliki 300 bentuk huruf terbuat dari logam yang meniru tulisan tangan tegak bersambung dan mampu mencetak beribu-ribu surat pengampunan (indulgence). pada tahun 1452, Gutenberg melakukan proyek pencetakan alkitab yang terkenal dan menghasilkan 200 jilid salinan dari kulit lembu muda dan memiliki harga yang sangat mahal yang disebut Alkitab Gutenberg atau Kitab Gutenberg yang diterjemahkan dalam bahasa latin.

Kopian dari Kitab Gutenberg.

Kini Alkitab Gutenberg ini tersebar diseluruh dunia seperti Jerman ( 12 Salinan ), Amerika Serikat ( 11 Salinan ) , Britania Raya ( 4 Salinan ), Paris ( 2 Salinan ), Vatikan ( 2 Salinan ), dan moscow ( 2 Salinan ). dan terawat dengan baik sampai dengan sekarang. 

  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:45:00

0 komentar :

Post a Comment