Singkatan dari CMYK dan RGB

Posted by

PrintingPedia - Sering kali kita mendengar jenis-jenis perwarnaan seperti CMYK ataupun RGB. tetapi tidak mengetahui arti sebenarnya pada jenis-jenis tersebut. Berikut ini printingpedia akan menjelaskan pengertian dan perbedaan antara CMYK dan RGB.


PENGERTIAN

CMYK

CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-Black dan biasa disebut warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model yang berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum digunakan dalam percetakan berwarna. untuk memproduksi warna sehingga di dapat hasil yang sempurna dibutuhkan 4 warna tinta yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black. warna tersebut adalah tinta yang digunakan untuk memproduksi warna dengan teknik proses cetak tertentu.

 Gambar Model CMYK


RGB
RGB adalah singkatan dari Red-Blue-Green dan merupakan model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk input devices seperti scanner maupun output devices seperti display monitor. Jika warna Red-Blue-Green tersebut dikombinasikan maka akan tercipta warna putih karena itu warna RGB disebut Additive color atau warna pencahayaan. RGB merupakan model pewarnaan yang digunakan oleh peralatan elektronik seperti monitor, Televisi, LCD. karena warna yang di tampikan selalu berwarna terang. 

Gambar Model RGB


PERBEDAAN

CMYK
  • Terdiri dari 4 warna yaitu Cyan-Biru, Magenta-Merah,Yellow-Kuning,Black-Hitam.
  • CMYK merupakan warna-warna primer yang paling dominan digunakan dimedia output / Printer
  • CMYK lebih banyak digunakan untuk desain yang akan ditampilkan pada media cetak
  • Jika CMYK dicampurkan menjadi satu akan menghasilkan warna hitam. 
RGB
  • Terdiri dari 3 warna yaitu Red-Merah, Green-Hijau, Blue-Biru. 
  • RGB merupakan warna primer yang digunakan di monitor.
  • RGB lebih banyak digunakan untuk desain yang akan ditampilkan ke media layar monitor/LCD
  • Jika RGB dicampurkan maka akan menghasilkan warna putih.
Sekian pengertian dan perbedaan antara model warna CMYK dan RGB. semoga sedikit banyak lebih mengerti kedua model warna tersebut. sekian terima kasih.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:01:00

0 komentar :

Post a Comment